Rabu, 25 Juli 2012

DRAG BIKE MALANG 22 FEBRUARI 2009

Kali ini drag bike kembali diselenggarakan di kota apel, malang. Lomba di dataran tinggi serta temperatur yang lebih dingin menjadikan motor memerlukan set up anyar. Mekanik-mekanik jawa tengah, terutama dari semarang tampaknya mampu beradaptasi dengan mudah, itu tampak dari motor yang dibawa pembalapnya membukukan waktu yang lebih cepat serta mulai banyak berubah. Tak mau kalah mekanik lokal dari malang tetap menjaga nama harum jawa timur, lewat pembalapnya Rizky Unyil mampu membukukan dua gelar juara.
Ketatnya persaingan juga kembali memanas. Kali ini sang dragbiker nasional, Eko Chodox kembali ke jalur yang benar dan memborong tiga podium teratas, membuatnya tetap memegang gelar dragster handal. Berhubung adanya pembatasan kelas yang boleh diikuti setiap starter maka 3 buah piala no.1, serta 3 piala dari tiga besar podium sudah merupakan pencapaian cukup memuaskan. Namun ke depan ada kemungkinan sang maestro akan menyapu bersih semua gelar juara di tiap kelas yang ia ikuti. Kita tunggu saja.
Berikut hasil lomba yang bisa dinikmatibeberapa hasil lomba menunjukkan penajaman waktu meski sepersekian second. Namun itulah seni dari drag race, mengejar se-per-seribu detik lebih kencang dari lawan, satu jari di depan lawan dan tetap kita pemenangnya.
Kelas Bebek 4 Tak 125 cc TUNE UP
  1. Mbotet — PMKS —- Sleman —- Not described —— 8.923 sec
  2. Agung —- JM —– Sidoarjo —– Yamaha Jupiter —- 8.938 sec
  3. Johan —- Ayam PS —- Surabaya —- Yamaha vega —- 9.013 sec
Kelas Sport 2 Tak Tune UP s/d 155 cc
  1. Eko Kodok —- Mihama —- Semarang —- Kawasaki Ninja —- 7.60 sec
  2. Dadang H —- Mihama —- Yogya —– Kawasaki Ninja —- 7.718 sec
  3. Mbotet —- PMKS —- Sleman —- Kawasaki Ninja —- 7.850 sec
Kelas FFA 2 Tak s/d 250 cc
  1. Eko Kodok —- Mihama —- Semarang —- Yamaha YZ250 —- 7.211
  2. Antonius —- Kencana —- Yogya —– YamahaYZ —- 7.429 sec
  3. Bowo —- Sabati —– Yogya —- Yamaha YZ —- 7.507 sec
Kelas Sport 4 Tak tune up s/d 200 cc
  1. Agung —- Tani Maju —- Sidoarjo —- Honda CBR —- 8,371 sec
  2. Johan —- Oreo —– Surabaya —- Honda CB —- 8.538 sec
  3. Deny welwel —- Oto —- Trenggalek —- H. Tiger —- 8.58 sec
Kelas FFA 4 Tak TUNE UP s/d 250 cc
  1. David —- HKM —- Kediri —- Yamaha YZ —- 8.0 sec
  2. Eko Kodok —- Sparkling —- Semarang —- Satria F150 —- 8.153 sec
Kelas Skutik Tune Up s/d 200 CC
  1. Rizky Unyil —- BMS —- malang —- Yamaha Mio —- 8.7 sec
  2. Frengki —– Edy Jaya —- gresik —- Yamaha Nuvo —- 8.883 sec
  3. Ricky —– Halet Jaya —- Surabaya —- Yamaha Mio —- 8.889 sec
Well… bisa kita bandingkan dari hasil drag sebelumnya. Dimana juara kemaren belum tentu berjaya pada event kali ini, bukan karena motor atau kualitas joki melemah, namun motor lawan lebih menggigit dari sebelumnya.
Ayo terus berjuang…!!! Gas Polll…!!!

Hasil Kejurda Seri III Drag Bike 2012 HMM-ITN Malang


PDF
Kejurda drag bike seri III yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Mesin ITN Malang bertujuan menghasilkan bibit-bibit pembalap dan pembinaan olahraga otomotif khususnya di daerah Jawa Timur, menghasilkan kategori juara I, II, III, IV dan V. Seri drag bike ini merupakan kegiatan HMM rutin tiap tahun yang diikuti oleh para pembalap dari seluruh Jawa Timur. Mempertandingkan klas motor bebek 2 dan 4 tak serta vespa, baik standar maupun kelas tune-up.


(a) Bapak Rektor ITN Malang berkenan memberikan piala dan hadiah pembinaan kepada juara I, II, III dan harapan IV dan V

(b) Para pembalap bersiap start drag kelas motor modifikasi 4 tak

(c) Panitia penyelenggara Himpunan Mahasiswa Mesin ITN Malang foto bersama.

Senin, 23 Juli 2012

S-1 ITN DRAG BIKE 2011 “The Real Speed Challenge”

Himpunan Mahasiswa Mesin S-1 ITN Malang sukses menggelar MACHINE S-1 ITN DRAG BIKE 2011 untuk keempat kalinya. Drag Bike yang merupakan acara tahunan kali ini dilaksanakan di parkiran Stadion Luar Kanjuruhan Kepanjen pada hari Minggu, 15 Mei 2011.

drag_2011_1
Para Pembalap Yang Siap Melakukan Start
Acara kali ini berhasil diikuti sekitar 390 starter dari bebagai kota dan ditonton ribuan orang pengunjung. Padahal sehari sebelumnya ada acara serupa berupa drag bike yang dilaksanakan di Bojonegoro-Jawa Timur pada malam hari dan juga pada hari yang sama digelar acara serupa di Kudus-Jawa Tengah.
drag_2011_2
Antusiasme Penonton Yang Sangat Luar Biasa Untuk Menyaksikan Acara Drag Bike
drag_2011_3
Motor-Motor Drag Yang Sudah Siap Berkompetisi Pada Acara Drag Bike Ini
“Acara Drag Bike ini sudah menjadi semacam tradisi turun-temurun dari para anggota Himpunan Mahasiswa Mesin S-1 ITN Malang sebelumnya. Kebetulan periode ini adalah ytang keempat. Dua event sebelumnya dilaksanakan di Gadang dan dua di parkiran Stadion Luar Kanjuruhan Kepanjen,” ungkap Ketua Pelaksana.
Sebelum dilangsungkan di Kanjuruhan, acara Drag Bike ini berlangsung di by pass Gadang. Namun karena terminal Gadang sudah dipindah dan jalan tersebut menjadi akses utama angkutan umum ke terminal, maka ijin dari dinas perhubungan dan pihak kepolisian pun agak sulit didapat.
drag_2011_4
Pembalap - Crew Saat di Paddock Dan Sponsor-Sponsor Yang ikut Mendukung Acara Ini
“Lagi pula dibanding saat penyelenggaraan di Gadang, para pembalap mengaku lebih suka di Kanjuruhan. Rata-rata mereka menilai kualitas aspal dan lintasan, lebih layak di Kanjuruhan daripada di Gadang. Komentar tersebut kami dapatkan dari pembalap sendiri., usai menggelar drag pertama kali di Parkiran Stadion Kanjuruhan. Karenanya, kami pun sepakat untuk menggelar acara kali ini di tempat yang sama, yaitu Kanjuruhan,” kata salah satu panitia.
drag_2011_5
Penyerahan Salah Satu Tropy Juara Oleh Perwakilan HMM S-1 ITN Malang

Hasil Kejuaraan Machine S-1 ITN Drag Bike 2011

hasil_drag_2011_1
hasil_drag_2011_2
Sukses Selalu Buat HMM S-1 ITN Malang….
Salam Solidarity Forever…..

Drag Bike Malang

Drag Bike Malang, Peserta Dirundung Banyak Masalah

Di hari Minggu yang sama (15/7) dan dua tempat berbeda ada event drag bike yang digelar bersamaan dengan status berbeda, satu di stadion Kanjuruhan Malang Jawa Timur dan satu lagi di Gelora Senayan Jakarta.

Menarik karena yang di kota Malang digelar dengan status Kejurnas, sedang satu lagi statusnya setara event klub yang bahkan ijinnya memakai rekomendasi IMI Pengprov Jabar, padahal acaranya dibikin di tengah kota Betawi.

Pada akhirnya publiklah yang menilai mana event yang terbaik yang akan diikuti selanjutnya karena masing-masing event masih menyisakan balapan yang digelar setelah bulan puasa plus libur Lebaran.

Tentunya berdasarkan kualitas event yang jadi jualan para promotor drag bike tersebut, terlepas masalah status kejurnas yang rasanya lebih bergengsi ketimbang event klub. Tapi nyatanya publik kini cukup pintar memilih kualitas event seperti yang dimauinya seperti hasil perhitungan cepat Pilkada DKI minggu lalu. Penilaian ada di tangan anda!.

KEJURNAS DRAG BIKE MALANG
Kejurnas bertajuk Surya 12 Drag Bikes Championship 2012 (S12DBC)  masih menyisakan satu seri lagi yaitu seri 7 sebagai grand final yang akan dibikin nanti bulan November. Namun sampai dari seri 6 S12DBC bisa di jadikan patokan evaluasi untuk event tahun depan.

Meski kenyataannya memang masih banyak yang harus dibenahi agar event berstatus kejurnas drag bike ini nantinya lebih layak menyandang status kejurnas. “Silakan tanya ke pengawas lomba dari PP IMI dan peserta soal evaluasi event ini biar lebih fair,” jelas Judiarto, dari Lightning Production (LP) selaku promotor S12DBC.

Yang paling banyak disingggung adalah soal jadwal kejurnas yang dihelat tiap minggu tanpa jeda. Ini banyak membuat tim-tim balap kerepotan dalam mengatur jadwal balap dan mencari nafkah. Pasalnya, mayoritas tim balap juga punya bengkel servis motor harian.

Saat event terus bergulir tiap minggu, bengkel harian jadi tidak terurus. Itu lantaran pikiran dan tenaga fokus setting motor tiap hari. Tidak jarang mereka harus lembur kalau ada trouble di motor. Apalagi satu tim biasanya menurunkan 3-5 motor.

Otomatis pembengkakan biaya terjadi. “Paling tidak jadwal balap itu 2 minggu sekali,” jelas Inus Triamboko, pengawas lomba dari PP IMI.

Masalah lain adalah soal lokasi event yang melulu hanya digelar di Jawa Timur. Banyak pembalap terutama yang berasal dari luar Jatim merasa ini tidak adil. Pembalap luar Jatim akan lebih banyak mengeluarkan biaya dan tenaga apabila ingin mengikuti semua seri S12DBC.

Justru pembalap Jatim jelas lebih diuntungkan terutama dari segi perolehan poin. Sudah jelas juara nasional tahun 2012 akan direbut nyaris di semua kelas oleh pembalap Jatim.

H. Rio Teguh, manager sekaligus pemilik tim Hariot Key Speed yang ditemui di paddock menyatakan opininya. “Kalau memang status kejurnas jangan hanya di Jatim saja. Paling tidak DKI, Jabar dan Jateng dapat jatah masing-masing satu seri. Harus dikaji ulang lagi,” harapnya.

Rio juga menambahkan agar kelas yang dikejurnaskan tetap 6 kelas, asal kelas tersebut bisa mewakili wilayah DKI, Jabar, Jateng dan Jatim. (otosport.co.id)

Hasil Balap
Drag Bike Malang
Kelas Bebek 4 Tak Tune Up 130 cc
1. 36 Tony Cupank
2. 48 Dadang Japronk
3. 89 Yogi Keycot

Kelas Bebek 2 Tak Tune Up 130 cc
1. 87 Antonius Petruk
2. 43 Andi Memet
3. 36 Rizky Unyil

Kelas Bebek 4 Tak 155 cc
1. 127 Gofar Jepank
2. 80 Andy Gandos
3. 36 Tony Cupank

Kelas Sport 2 Tak Tune Up 155 cc
1. 89 Yogi Keycot
2. 204 Yogi Nexcom
3. 36 Tony Cupank

kelas Sport 4 Tak 200 cc
1. 36 Tony Cupank
2. 87 Antonius Petruk
3. Tomy Kancil

Kelas Matic Tune Up 200 cc
1. 89 Yogi Keycot
2. 36 Rizky Unyil
3. 48 Dadang Japronk